Sabtu, 03 Maret 2012

DOSEN NOTED#1 (inspired by CEO NOTED Dahlan Iskan)

Hari sabtu, 3 Maret 2012, mulai perkuliahan semester genap, salah satu mata kuliah yang didelegasikan, yaitu hukum lingkungan. Hari ini hukum lingkungan yang didelegasikan adalah kelas 4F. Siap tugas, pagi cerah, jam menunjukan pukul 7, start berangkat dari rumah dengan diantar pengawal pribadi lahir batin, penjaga hati dunia akhirat, meluncurlah daku menuju kampus dengan terlebih dahulu nganterin anak sekolah di SMPN 3 Serang.  sampailah dikampus jam 7.15 WIB. sebelum masuk gedung perkuliahan kami sarapan bubur di kantin kampus UNTIRTA. Perut kenyang, berarti tenaga sudah siap sedia untuk mengawali pertempuran pertemuan pertama perkuliahan. sampailah di gedung A (tempat perkuliahan dilaksanakan), langsung saya menuju ruang 1.3. ternyata mahasiswanya ngga ada, kelas kosong melompong, tidak ada satupun batang hidung terlihat disana,, yang terlihat hanya barisan kursi yang masih tersusun rapih, karena baru disapu dan di rapihkna oleh ob  yang bertugas. akhirnya saya memutuskan duduk di ruang sekretariat, didalam sekretariat sudah ada bpk Sjamsudin, beliau adalah salah satu dosen terbaik FH UNTIRTA, tetapi sayang untuk berkomunikasi dengan beliau harus dengan bahasa isyarat, karena beliau pendengarannya sudah tidak berfungsi dengan baik lagi, beliau sudah berumur 71 tahun tetapi salut, semangat beliau masih seperti mahasiswa usia 17 tahun. beliau mengajak saya berdialog, tetapi beliau menolak jika saya memulai dialog terlebih dahulu, karena beliau sadar kekurangn beliau dalam pendengaran mengakibatkan komunikasi kami bisa ngga nyambung. dari pada ngobrol dngn sibapak ngga nyambung, akhirnya saya buka lappy  untuk browsing dan berselancar di dunia maya. tak lama kemudian pak ade marpudin datang dan beliau menawarkan "jasa"nya untuk mengaktifkan wifi saya, karena beliau melihat saya browsing internt pakai modem. tapi ngga berhasil jg,,y,,akhirnya pake modem lagi dech. karena saya lama kelamaan bosen di sekretariat, saya tengok lagi kelas 1.3 yang akan menjadi ruang perkulaihan kami pagi itu. tetep, mahsiswa belum datang juga,,duduk lagi dech saya di sektretariat. dan tak lama kemudian datang ibu sri mukti, chating sebentar dan  kami memutuskan untuk menunggu mahasiswa diruang kelas masing-masing. jam menunjukan 08.30, mahasiswapun datang 3 orang. saya putuskan perkuliahan tetap berjalan, jikalaupun itu hanya satu orang. perkuliahan dimulai dengan perkelanan perdana saya sebagai tenaga pengajar dalam mata kuliah hukum lingkungan di kelas mereka. saya jelaskan siapa dosen pembina saya, no kontak saya, email, kontrak perkuliahan, cara penilaian, referensi buku, sayapun berusaha untuk komunikatif dengan mereka, karena kelas ini kelas yang pernah saya ajar waktu semester 1, tetapi saya nyatakan gagal. gagal dalam arti dari 40 siswa yang ada, hanya 35% yang mendapat nilai baik. selebihnya gatot alias gagal total. maka cara atau pola pengajaran saya terhadap kelas ini saya ubah. tidak lagi dengan cara presentasi, tetapi dengan cara dialog interaktif komunikatif, walaupun secara hati nurani cara ini saya kurang sreg. seharusnya sebagai mahasiswa mereka sudah bisa diajak untuk berfikir secara kritis dengan tidak hanya mengandalkan materi yang saya berikan. mereka seharusnya sebagai MAHA siswa, cara berfikirnya bukan lagi anak SMA yang hanya mendapat materi tok dari gurunya, kelihatannya kelas ini tidak bisa atau belum bisa untuk diterapkan pola pengajaran yang saya "Lepas", apa yang salah, saya tidak tahu, makanya saya berusaha untuk mengkoreksi diri dan cara pengajaran saya, karena ketika anak-anak yang saya bina belum bisa meraih yang saya nilai baik, saya merasa punya beban moral yang lebih. sekarang dengan membaca bismillah saya melangkah untuk dapat "membina" mereka tidak hanya dari segi keilmuan tetapi juga nilai-nilai lainnya, mulai dari etika, akidah dan akhlak. wah sungguh beban yang tidak mudah, perlu persiapan dan kematangan secara keilmuan dan emosional. ya Allah bila ini baik dimata-MU, mudahkanlah segala urusan mahluk MU ini..Amiin yra.

2 komentar:

  1. hehe ternyata ada isi curhatan ibu juga diblognya..
    amiin.. semangat bu ya dalam membimbing dan memberikan ilmu kepada kita/mahasiswa - mahasiswinya untuk menjadi orang yang kaya akan pengetahuan nanti dilapangan saat dilapangan kampus maupun kerja amiinn..dengan keikhlasan dan ketaqwaan ibu bisa..
    semangat bu..sukses selalu

    BalasHapus
  2. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus